Cari Blog Ini

Memuat...

Jumat, 22 Januari 2010

MEET THE YVC QINCAI (Journey's Notes)

Pada tanggal 16 Januari 2010, YVC-Qincai (Kerinci) genap berusia 1 tahun. Oleh sebab itu teman-teman dari YVC-Q mengadakan 1st Anniversary dengan mengundang teman-teman dari YVC terdekat, dan tentu saja dari YVC Bengkulu (YVC-BD) ikut diundang pula.

Suatu kehormatan bagi kami karena telah diundang oleh YVC-Q. Ini menunjukkan betapa besarnya persaudaraan antara Bengkulu dan Kabupaten Kerinci, khususnya antara YVC-BD dan YVC-Q. Atas dasar itulah kami dari YVC-BD menyanggupi untuk menghadiri acara 1st Anniversary YVC-Q, meskipun tidak semua anggota YVC-BD yang bisa berangkat.

Perjalanan kami menuju Kerinci dimulai pada hari Sabtu, 16 Januari 2010, ya tepat pada hari jadi YVV-Q. Kami berangkat dari Bengkulu pada pukul 14.00 WIB, hal ini dikarenakan ada sebagian anggota YVC-BD yang berangkat harus menyelesaikan pekerjaaannya terlebih dahulu sampai tengah hari. Walaupun demikian tidak menyurutkan semangat kami untuk tetap berangkat ke Kabupaten Kerinci. Anggota YVC-BD yang berangkat pada hari itu adalah :
1. Bro Andi (YVC BD-001)
2. Bro Hari (YVC BD-002)
3. Bro Anda (YVC BD-005)
4. Bro Lovi (YVC BD-008)
5. Bro Ijal (YVC BD-0..)
6. Bro Riqi (YVC BD-022)
Selain itu ada juga teman kami yang non-anggota YVC-BD yang turut serta bersama kami, yaitu Bro Gusti, teman dari Bro Riqi.

Perjalanan kami dimulai dari kawasan Unib Depan yang selanjutnya langsung menuju ke Kabupaten Kerinci. Adapun catatan perjalanan dan rute yang kami lalui adalah :
1. Pukul 14.00 WIB berangkat dari kawasan Unib depan.
2. -/+ pukul 15.00 WIB tiba di Kec. Putri Hijau untuk istirahat sejenak sekaligus mengisi bahan bakar, selanjutnya langsung melanjutkan perjalanan kembali.
3. -/+ pukul 19.00 WIB tiba di Kabupaten Muko-Muko untuk istirahat sekaligus makan malam.
4. -/+ pukul 20.00 WIB kembali melanjutkan perjalan.
5. -/+ pukul 00.00 WIB tiba di Kabupaten Kerinci yang sebelumnya telah disambut oleh teman-teman dari YVC-Q
Rute perjalanan yang kami ambil adalah melewati jalur barat Sumatera, yaitu : Kota Bengkulu - Lais - Ketahun - Penarik - Muko-Muko - Silaut (Sumatera Barat) - Tapan (Sumatera Barat) - Taman Hutan Nasional Kerinci Seblat (Jambi) - Kabupaten Kerinci. Waktu perjalan kami adalah 10 jam dengan jarak tempuh -/+ 360 km.

Setelah Perjalan panjang tersebut, akhirnya kami bisa tiba di Kerinci Alhamdulillah dengan selamat. Kami disambut dengan ramah oleh teman-teman dari YVC-Q yang langsung membawa kami menuju ke penginapan. Sesampai disana ternyata banyak juga teman-teman dari YVC chapter lain, diantaranya YVC Padang, YVC Payakumbuh, dan YVC agam, bahkan Club Jupiter Kerinci pun ikut menemani kami malam itu. Karena kelelahan, kami pun langsung diajak makan dan istirahat oleh teman-teman dari YVC-Q baru besok paginya kami keliling-keliling Kerinci.

Minggu pagi 17 Januari 2010, adalah hari-hari yang terasa begitu menyejukkan bagi kami. Bagaimana tidak, Kerinci adalah daerah yang dikelilingi oleh perbukitan dan tepat di belakang penginapan kami pun berdiri tegak kawasan perbukitan yang begitu indah yang merupakan bagian dari wilayah Taman Hutan Nasional Kerinci Seblat. Pagi itu kami bersama teman-teman YVC lainnya memulai perjalanan di Kerinci dengan sarapan di sebuah tempat makan yang memang menyediakan makanan sarapan, diantaranya lontong sayur, nasi goreng, teh telur, kopi, susu, dan masih banyak lainnya. Setelah kenyang sarapan lalau kami pun melakukan rolling kota yang dikawal langsung oleh polisi dari Polres Kerinci. Tujuan kami adalah ke salah satu danau terkenal di Kerinci, yang saya sendiri pun lupa apa namanya. Tapi yang pasti pemandangannya begitu indah dan mengasyikkan, yang pada kesempatan itu kami pergunakan buat bercengkerama sesama teman YVC dan tidak lupa pula untuk mengabadikan momen-momen yang asyik itu. Setelah puas di kawasan danau tersebut, akhirnya pada tengah hari kami pun langsung kembali lagi menuju penginapan.

Pada pukul 15.00 WIB kami pun berpamitan kepada teman-teman YVC-Q untuk pulang ke Bengkulu, meskipun sebenarnya kami pun belum mau pulang, karena kami merasa belum puas untuk memutari Kabupaten Kerinci,ya harus bagaimana lagi karena memang tidak ada pilihan lain.

Perjalanan pulang kami masih menggunakan jalur yang sama dengan jalur keberangkatan kami sebelumnya. Tetapi waktu sesampainya di kec. Putri Hijau Bengkulu pada pukul 01.00 WIB kami memutuskan untuk istirahat dan baru pada pukul 04.00 WIB kami kembali melanjutkan perjalanan menuju Bengkulu, dan tepat pada hari senin pukul 07.00 WIB kami berhasil tiba di Bengkulu dengan selamat.

Selama dalam perjalanan baik pada saat pergi maupun pulang, tidak terlalu banyak hambatan yang kami temui, kalau masalah pecah ban itu hal yang wajar kami rasa!hehehehe.........
Tetapi kondisi jalan yang sangat parah mulai dari Bengkulu - Kabupaten Kerinci yang membuat kami harus ekstra berhati-hati. Oleh sebab itu bagi teman-teman yang ingin melakukan perjalanan baik dengan kendaraan roda dua maupun empat yang melewati jalur tadi harus tetap berhati-hati (bikerpul Brothers!).

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar